BLOG BUDAK BUNGO

Pages

Connect With Us

Instructions

Recomended

blogbudakbungo. Powered by Blogger.

Labels

Las series más vistas

Categories

Followers

Our Partners

Archive

Setting USB Modem Huawei E172 pada Mikrotik RB751U-2HnD


Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membangun warnet dan hotspot indoor hanya dengan sebuah USB modem 3G dan RouterMikrotik RB751U-2Hnd.
Dengan biaya yang minim tersebut kita bisa membangun jaringan warnet dan hotspot sekaligus dengan fitur yang lengkap yaitu, bandwidth management, hotspot user manager, voucher timebase, voucher volume base, dll.
Peralatan yang perlu disiapkan dalam praktek kali ini adalah :
1. USB Modem 3G/HSDPA Huawei E172 (wajib : bisa merk yang lain)
2. Mikrotik Rb751U-2HnD (wajib)
3. winbox (untuk remote mikrotik)
4. Kabel UTP straight panjang secukupnya (untuk akses mikrotik)
5. Komputer/Laptop (untuk akses mikrotik)
Pada tutorial ini saya menggunakan Modem USB Huawei E172 yang sudahsupport 3G/HDPA dengan menggunakan kartu internet three (3) paket 5 GB dengan speed yang saya dapatkan di daerah saya maksimal 1.7 Mbps
Jika anda menggunakan usb modem merk yang lain, caranya sama saja. Untuk mengetahui merk dan model apa saja yang sudah support Mikrotik 751U-2HnD silahkan cek disini.
Topologi jaringan USB Modem Huawei E172 dan Mikrotik RB751U-2HnD
topolgy-mikrotik
Langkah pertama silahkan nyalakan router, colokan kabel UTP dari computer ke ether1 mikrotik anda kemudian login menggunakan winbox, jika ada kotak dialog muncul silahkan pilih Remove Configuration.
Selanjutnya saya colokan modem USB Huawei E172 kemudian masuk ke menuSystem – Port, pastikan usb modem sudah terdetek dengan baik yaitu ditandai munculnya port usb beserta channelnya.
port-list-mikrotik
Untuk melihat lebih detail silahkan masuk ke System – Resource kemudian klik tombol USB.
port-list-mikrotik
Pada gambar diatas, Modem Huawei E172 saya telah terdeteksi dengan baik olehmikrotik RB751U-2HnD.
Selanjutnya kita lakukan setting dial ppp usb modem. Setelah usb modem huawei E172 ke mikrotik kita colokan, maka pada menu interfaces akan muncul ppp-out1 dengan status masih disable. Klik kanan pada interfaces tersebut kemudian pilih enable. Selanjutnya klik 2x pada interfaces ppp-out1 dan lakukan setting sebagai berikut :
setting-ppp-mikrotik
Untuk kolom data channel dan info channel silahkan dicoba-coba mana yang cocok dengan usb modem yang anda gunakan yang penting kedua kolom tersebut harus sama. Untuk Huawei E172 hanya punya pilihan channel 0 dan 1. Masing-masing USB modem mempunyai jumlah channel yang berbeda
setting-ppp-mikrotik
Untuk APN, username dan password silahkan sesuaikan dengan operator yang anda gunakan.
Jika sudah selesai silakan klik Apply kemudian klik menu Log untuk melihat status koneksi ppp-out1, jika statusnya connected kemudian disusul dengan dns changed itu menandakan bahwa kita sudah terkoneksi dengan ppp-server jaringaninternet 3G/HSDPA yang kita gunakan.
log-mikrotik
Dan juga perhatikan di menu System – Port apakah usb modem anda sudah digunakan oleh ppp atau belum.
log-mikrotik
Jika belum berhasil silahkan enable/disable ppp-out1 yang ada di menu interfaces, kemudian perhatikan log nya. Selain itu juga silahkan ganti-ganti channel yang sesuai dengan USB modem anda
Jika ppp-out1 sudah terkoneksi dengan baik, maka sselanjutnya kita test ping dari New Terminal mikrotik ke internet, jika reply berarti kita tinggal melakukan setup untuk ethernet yang ke arah jaringan lokal (LAN). Lakukan setting IP pada ether1 mikrotik, masukan 192.168.1.1/24 atau sesuaikan dengan topologi yang anda miliki.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori modem 3G dengan judul Setting USB Modem Huawei E172 pada Mikrotik RB751U-2HnD. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://blogbudakbungo.blogspot.com/2013/06/setting-usb-modem-huawei-e172-pada.html. Terima kasih......??? sampai jumpa di blog saya berikutnya......??
Ditulis oleh: blog budak bungo - Sunday 9 June 2013
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Setting USB Modem Huawei E172 pada Mikrotik RB751U-2HnD"

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2013. Blog Budak Bungo - All Rights Reserved
Blog By : Vhen Part II
Template by blogbudakbungo.blogspot.com | Publish :budakbungo