BLOG BUDAK BUNGO

Pages

Connect With Us

Instructions

Recomended

blogbudakbungo. Powered by Blogger.

Labels

Las series más vistas

Categories

Followers

Our Partners

Archive

Cara Membaca Nilai Kapasitor

Kapasitor yaitu suatu komponen elektronika yang berfungsi untuk menyimpan muatan atau energi listrik yang dinyatakan dalam satuan farad.
Cara membaca nilai kapasitor bisa berbeda tergantung dari jenisnya, ada yang tercantum pada badan kapasitor ( didalam label ) dan ada juga yang memakai kode warna. pembacaan nilai kapasitor yang memakai kode warna serupa dengan pembacaan pada resistor, yaitu angka pertama menunjukan bilangan puluhan, angka kedua menunjukan bilangan satuan dan angka ketiga menunjukan faktor pengali
Pada kapasitor yang berukuran besar, nilai kapasitansi biasanya ditulis dengan angka yang jelas. Dilengkap dengan nilai tegangan maksimum dan polaritasnya. Contohnya pada kapasitor elco dengan jelas tertulis kapasitansinya sebesar 22uf/25v.
Cara membaca nilai kapasitor
Pada Kapasitor keramik yang ukuran fisiknya mungil dan kecil umumnya hanya bertuliskan dua atau tiga angka saja. Bila cuma ada dua angka satuannya yaitu pf ( pico farads ). Misalnya, kapasitor yang bertuliskan dua angka 47, maka kapasitansi yaitu 47 pf. Bila ada tiga digit, cara membaca nilai kapasitor yaitu angka pertama dan kedua menunjukkan nilai nominal, namun angka ketiga merupakan faktor pengali.
Contoh lain :
1. pada sebuah kapasitor tercantum angka 472 artinya,
kapasitas = 47 x 100 = 4700 pf = 4, 7 nf
2. pada sebuah kapasitor tertera : 470 μ ;f, 25v artinya,
kapasitas = 470 μ ;f dengan tegangan kerja = 25 volt.
Dibawah ini merupakan tabel pengali nilai kapasitor :
Angka ke-3 Pengali/Multiplier (dua digit pertama memberi Anda nilai di Pico-Farads)
0 1
1 10
2 100
3 1,000
4 10,000
5 100,000
6 not used
7 not used
8 .01
9 .1

Pada beberapa tipe kapasitor ada juga yang memakai toleransi yang umumnya memakai kode huruf :
Simbol huruf Toleransi
D +/- 0.5 pF
F +/- 1%
G +/- 2%
H +/- 3%
J +/- 5%
K +/- 10%
M +/- 20%
P +100% ,-0%
Z +80%, -20%

Faktor pengali sesuai dengan angka nominalnya yaitut 1 = 10, 2 = 100, 3 = 1. 000, 4 = 10. 000 dan seterusnya. contohnya pada kapasitor keramik tertulis 222, jadi kapasitansinya yaitu 22 x 100 = 2200 pf = 2. 2 nf.
Selain dari kapasitansi, ada beberapa karakteristik lainnya yang harus di perhatikan. Umumnya spesifikasi karakteristik ini di sajikan oleh pabrik pembuat dalam bentuk datasheet. Tabel di bawah ini menunjukan beberapa spesifikasi tersebut.
Cara membaca nilai kapasitor
Cara membaca nilai kapasitor
Tegangan kerja Kapasitor
Tegangan kerja yaitu tegangan maksimum yang diiperbolehkan sehingga kapasitor masih dapat bekerja dengan baik. Anda mungkin sempat mengalami kapasitor yang meledak lantaran kelebihan tegangan kerja. contohnya kapasitor 10uf 25v, maka tegangan yang dapat diberikan tidak boleh lebih dari 25 volt dc. Biasanya kapasitor polar bekerja pada tegangan searah dc dan kapasitor non-polar bekerja pada tegangan bolak balik ac.
Temperatur kerja kapasitor
Nilai yang diperlihatkan pada badan kapasitor masih memenuhi spesifikasinya bila bekerja pada suhu yang sesuai. Pabrikan pembuat kapasitor biasanya membuat kapasitor yang berpedoman pada standar popular. Terdapat empat standar popular yang umumnya tercantum di badan kapasitor seperti z5u dan y5v ( general purpose ), c0g ( ultra stable ) serta x7r ( stable )  .
pada sebagian besar rangkaian tv umumnya bila terjadi kerusakan terhadap satu nilai di kapasitor maka kapasitor tersebut dapat diganti dengan nilai yang lebih besar atau setidaknya mendekati nilai asli, tetapi tidak semua kapasitor dapat diganti dengan kapasitor pengganti yang tidak sama nilainya, yang umumnya dibagian osilator. Contohnya kapasitor pada osilator power supply yang umumnya memiliki nilai 22-47uf tentunya diganti dengan nilai persis sesuai aslinya, karena nilai tersebut pastilah berpengaruh terhadap tegangan output yang dihasilkan. Demikian artikel perihal tata cara membaca nilai kapasitor.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori elektro dengan judul Cara Membaca Nilai Kapasitor. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://blogbudakbungo.blogspot.com/2013/05/cara-membaca-nilai-kapasitor.html. Terima kasih......??? sampai jumpa di blog saya berikutnya......??
Ditulis oleh: blog budak bungo - Friday, 10 May 2013
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Cara Membaca Nilai Kapasitor"

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2013. Blog Budak Bungo - All Rights Reserved
Blog By : Vhen Part II
Template by blogbudakbungo.blogspot.com | Publish :budakbungo