BLOG BUDAK BUNGO

Pages

Connect With Us

Instructions

Recomended

blogbudakbungo. Powered by Blogger.

Labels

Las series mรกs vistas

Categories

Followers

Our Partners

Archive

Cara Membaca Nilai Kapasitor / Kondensator

Cara Membaca Nilai Kapasitor | Setelah anda mempelajari pengertian kondensator / kapasitor dan sudah memahami bahwa keduanya tidak berbeda, namun yang membedakan adalah hanya kebiasaan kita menyebutkannya. .

Seperti halnya resistor, kapasitor mempunyai kode warna untuk menentukan besarnya nilai kapasitansi dari sebuah kapasitor. Pada Tabel berikut merupakan kode warna dari Kapasitor


Membaca Kode Warna Pada Kapasitor
Pada tabel warna kapasitor diatas adalah acuan kita membaca nilai kapasitansi kapasitor. Cara membaca nilai kapasitor dengan tabel warna sama persis seperti kita membaca nilai resistor dengan tabel warna.

Membaca Kode Warna Pada Kapasitor
Perhatikan kapasitor gambar diatas, adalah salah satu contoh kapasitor yang nilai kapasitansinya ditentukan oleh warna yang ada pada tubuhnya. Kapasitor berwarna seperti gambar mungkin saat ini sudah jarang kita jumpai. bahkan sudah tidak ada pabrik yang menggunakan warna untuk menentukan nilai kapasitas dari kapasitor tsb. Sebagai gantinya saat ini  kita bisa mengetahui nilai sebuah kapasitor yang langsung tertulis pada badannya seperti 223, 224, 0,2 uF dan seterusnya.
Cara Membaca Nilai Kapasitor
Kapasitor
Kapasitor diatas tertulis 104  ini berarti kapasitor tersebut mempunyai nilai kapasitas 10 0000 pF, ini bisa dijabarkan dari : Angka (1) adalah digit/angka ke-satu, (0)  adalah digit/angka ke-dua sedangkan (4) menunjukkan banyaknya angka Nol.

Contoh lagi : Sebuah kondensator tertulis 223, ini berarti : angka pertama dan kedua 22 diikuti banyaknya 3 angka nol (000) maka kapasitor tersebut bisa kita tulis / mempunyai nilai 22 000 pF

Contoh lagi : Sebuah kondensator tertulis 122 = 1200 pF

Pada tiga contoh diatas Satuannya adah piko Farad (pF ) Bisa kita konversikan lebih sederhana lagi menjadi Nano Farad (nF).: 100000 pF = 100 nF | 22 000 pF = 22 nF | 1200 pF = 1,2 nF

Ket :
  • 100000 pF = 100 nF  =  0,1 ยตF 
  • Nilai konversi satuan kita bahas dilain waktu.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori elektro dengan judul Cara Membaca Nilai Kapasitor / Kondensator. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://blogbudakbungo.blogspot.com/2013/05/cara-membaca-nilai-kapasitor-kondensator.html. Terima kasih......??? sampai jumpa di blog saya berikutnya......??
Ditulis oleh: blog budak bungo - Friday 10 May 2013
Comments
0 Comments

Belum ada komentar untuk "Cara Membaca Nilai Kapasitor / Kondensator"

Proudly powered by : Blogger
Copyright © 2013. Blog Budak Bungo - All Rights Reserved
Blog By : Vhen Part II
Template by blogbudakbungo.blogspot.com | Publish :budakbungo